LISTRIK AUTOMOTIF & AC
SISTEM BAHAN BAKAR MOTOR BENSIN

STEP 3 INJEKSI
K – Jetronik
Tulislah nama – nama bagian sistem injeksi K pada halaman 2,
warnailah gambar sesuai dengan fungsinya !
![]() |
Keterangan
gambar
No.
|
Nama
bagian / komponen
|
Fungsi
(no.1-6 dan 9, lihat LP sebelum ini )
|
1.
|
Tangki
bensin
|
-
Menyimpan bahan bakar
|
2.
|
Pompa
bensin listrik
|
-
Mengalirkan bahan bakar
|
3.
|
Penyimpanan
tekanan
|
-
Mempertahankan tekanan BB waktu mesin di matikan
|
4.
|
Sarungan
/ Filter
|
-
Menyaring bahan bakar
|
5.
|
Pengukur
jumlah udara & pembagi bahan bakar
a. Pengukur
jumlah udara
b. Pembagi
bahan bakar
|
-
Mengukur jumlah udara dan membagi BB ke tiap
injektor pada volume yang sama
|
6
|
Injektor
|
-
Menyemprotkan bahan bakar ke saluran masuk
|
7
|
Regulator
panas mesin
|
-
Mengatur perbandingan
|
8
|
Katup
pengatur udara tambahan
|
-
|
9
|
Injektor
start dingin
|
-
Menyemprotkan bahan bakar waktu start dingin
|
10
|
Sakelar
waktu start dingin
|
-
Memutuskan / menghubungkan arus ke injektor start
dingin
|
11
|
Baterai
|
-
Menampung arus sementara
|
12
|
Kunci
kontak
|
-
Mengatur putaran mesin saat idle ingin(menambah
udara saat mesin dingin)
|
13
|
Distributor
|
-
Memberi informasi ke relay pompa bensin
|
14
|
Relai
pompa bensin
|
-
Menghubungkan arus ke pompa bensin
|
15
|
Katup gas
|
-
Mengatur banyaknya udara yang di isap motor
|
Unit
pembagi bahan bakar
![]() |
Konstruksi :
1.
Plunyer pengontrol & celah pengatur P1 = Tekanan
diatas membran
2.
Saluran ke Injektor P2 = Tekanan
dibawah membran
3.
Katup membran
4.
Saluran dari pompa bensin listrik
Dengan adanya katup membran maka perbedaan tekanan P1 dan P2
tidak besar dan tetap pada setiap posisi plunyer pengontrol.
Gambar I Celah terbuka sedikit katup membran
membuka kecil, bensin yang disemprotkan sedikit.
Gambar II Celah dan membran terbuka lebar, bensin
yang disemprotkan banyak
Konstruksi Barel & Plunyer pengontrol.
![]() |
1.
Barel
2.
Plunyer pengontrol
3.
Celah pengantur
4.
Tepi pengontrol
5.
Ukuran lebar celah »0,2 mm
|
Injektor
![]() |
|
![]() |
1.
Katup jarum
2.
Ruangan katup jarum
3.
Saringan halus
4.
Ring – O –
5.
Rumah / bodi
6.
Saluran masuk bahan bakar
7.
b,c,d = bentuk penyemprotan yang salah
|
Katup jarum akan membuka secara terus – menerus, apabila
tekanan bensin sudah mencapai » 3,3 bar.
Tekanan dan volume bensin yang masuk ke injektor diatur oleh
Unit Pembagi Bahan Bakar.
Sistem start dingin
Sistem start dingin terdiri dari 2 komponen yaitu : injektor
start dingin dan saklar waktu start dingin.
Injektor bekerja secara elektromagnetis yang mendapatkan arus
listrik dari terminal 50. Lamanya penyemprotan diatur oleh sakelar waktu start
dingin yang memutus dan menghubungkan massa kumparan magnet listrik injektor.
![]() |
Injektor start dingin
1.
Terminal kabel
2.
Saringan
3.
Saluran masuk
4.
Inti besi (katup elektromagnetis)
5.
Magnet listrik
6.
Suplayer
|
Sakelar waktu start dingin
1.
Terminal dari injektor start dingin
2.
Rumah
3.
Bimetal
4.
Elemen pemanas bimental
5.
Kontak pemutus
|
|
|
Bensin
dapat diinjeksikan pada waktu start , selama ada hubungan ke massa yang
diatur oleh sakelar waktu start dingin
|
Lamanya
kontak pemutus meng hubung diatur oleh elemen pemanas dan temperatur motor
|
Katup pengatur udara tambahan
Berfungsi untuk memberikan udara pada waktu start dingin agar
putaran waktu dingin sedikit naik.
![]() |
1.
Terminal
2.
Elemen pemanas
3.
Bimetal
4.
Katup penutup saluran
5.
Saluran masuk udara tambahan
6.
Pegas penarik
Saluran
udara tambahan akan membuka waktu motor dingin, dan elemen pemanas akan
menutup saluran kembali bila motor sudah panas.
|
·
Regulator panas mesin
![]() |
Bersamaan
dengan katup pengatur udara tambahan, regulator panas mesin akan mengatur
perbandingan campuran waktu motor belum panas.
1.
Terminal
2.
Elemen pemanas
3.
Bimental
4.
Katup membran
5.
Saluran pengontrol tekanan bahan bakar
6.
Saluran ke pluyer pengontrol
7.
Pegas
8.
Ventilasi
Pada
waktu dingin membran melengkung ke bawah Pk jadi kecil, piring plat sensor
mudah terangkat.
Bila
motor sudah panas, pegas akan menekan membran pada posisi lurus.
|
Rangkaian listrik
Lengkapilah rangkaian listrik sistem injeksi K ini !
![]() |
1. Kunci
kontak 5.
Pompa bensin lstrik
2. Injektor
start dingin 6.
Regulator panas mesin
3. Sakelar
waktu start dingin 7.
Katup pengatur udara tambahan
4. Relai pompa
bensin
Cara kerja :
Posisi kunci kontak
|
Komponen yang bekerja
|
-
ON/15 mesin mati
|
Semua komponen tidak bekerja karena impuls dari terminal 15
tidak ada
|
-
Start 50
|
Semua komponen bekerja
|
-
ON/15 mesin hidup
|
Pompa bensin bekerja terus 6,7 sementara
|
No comments:
Post a Comment