INJEKSI L Tronik - OTO LABOUR

Address : Perum Puri Permai 1 Blok B 12 No 25 Tigaraksa Tangerang Phone : 08119727450 Email : cvotolabour@gmail.com

About

OTO LABOUR adalah sebuah bidang usaha yang bergerak dalam bidang pelayanan jasa terpadu antara lain Jasa Reparasi Kendaraan Ringan, Jasa Reparasi Kendaraan Berat, dan Jasa Instalasi Kelistrikan baik Arus Besar dan Arus Lemah. OTO LABOUR memberikan penawaran harga yang menarik dan kompetitif sehingga akan di dapatkan hasil yang memuaskan. Dengan visi "Kepuasan Pelanggan adalah Prioitas Kami" membuat OTO LABOUR terus bekerja keras dalam miningkatkan mutu pelayanan terhadap customer.

Hot

Post Top Ad

Thursday, March 30, 2017

INJEKSI L Tronik


LISTRIK AUTOMOTIF & AC
MOTOR BAKAR
 

SISTEM BAHAN BAKAR MOTOR BENSIN
STEP 3 INJEKSI

L – Jetronik (EFI)

Tulislah nama-nama komponen sesuai dengan nomor urut pada gambar !
1.         Tangki bahan bakar
2.         Pompa bensin listrik
3.         Saringan bensin
4.         Pembagi bahan bakar
5.         Regulator tekanan
6.         Kontrol unit elektronika

7.         Kontrol unit elektronika
8.         Injektor
9.         Injektor start dingin
10.      Sekrup penyetel idle
11.      Saklar posisi katup gas


7.         Katup gas
8.         Penimbang udara
9.         Relai pompa bensin
10.      Sensor oksigen
11.      Temperatur motor

12.      Sensor pendingin
13.      Distributor
14.      Katup penambah udara
15.      Sekrup penyetel Co
16.      Baterai

Skema signal input & output unit pengontrol elektronika

QL  =  Debit udara yang dihisap motor
VL  =  Sensor temperatur udara masuk
  n  =  Sensor Rpm
  p  =  Sensor posisi throttle
Vm =  Sensor temperatur air pendingin
            Cold  »  1 K +
            Hot    »  200 +

VE       = QBB  = Debit Bensin
QLS    = Debit udara tambahan
VES    = Debit bensin dingin
UB      = Tegangan baterai

                                                            Unit pengontrol
QL       VL       P         n.                                                                     VE
Vm      Relai                                                                                       Relai
                                                            Elektronika

Mekanisme Katup
Unit katup gas terdiri dari dua bagian
·        Bagian mekanisme (trotel) untuk mengatur jumlah udara yang masuk ke silinder motor. Pada bagian ini terdapat mekanisme penggerak katup gas (1) dan sekrup penyetel putaran idle (2)
·        Bagian elektris (3) adalah berupa sakelar yang memberi informasi pada unit pengontrol elektronika waktu mesin idle dan beban penuh

Konstruksi  :
1.    Tuas kontak putaran idle
2.    Sepatu kontak
3.    Kontak beban penuh
4.    Rumah
5.    Terminal 2
6.    Terminal 18
7.    Terminal 3
8.    Poros katup gas
9.    Kontak putaran idle
10. Posisi kontak putaran idle
11. B   Posisi kontak beban penuh


Masing – masing terminal pada bagian elektris katup gas dirangkaikan ke unit pengontrol elektronika dengan terminal yang sama


Relai kombinasi
Relai ini terdiri dari 11 terminal dengan kode sebagai berikut :
85    =ke massa
86 =ke terminal 4 unit pengontrol elektronika dan terminal 47 injektor start dingin
86 a  = dari klem 50
86 b = ke terminal 20 unit pengontrol elektronika dan terminal 36 pengukur jumlah udara
86 c  = dari klem 15 koil pengapian
88 a = ke unit pengontrol elektronika terminal 10 dan pengukur jumlah udara terminal
 39
88 b  = ke injektor, 88 d       = ke pompa bensin
88 c  = ke terminal 48 katup pengatur udara tambahan
88 y  = dari klem 30, 88 z    = dari terminal + baterai

Tulislah nama bagian dan kode terminal rangkai relai ini  !

·        Injektor

Injektor bekerja berdasarkan elektromagnetis yang diatur oleh unit pengontrol elektronika

0,1 mm
Konstruksi
1     = Lubang penyemprot
2     = Batang katup jarum
3     = Kumparan magnet listrik
4     = Pegas
5     = Terminal
6     = Saringan
7     = Saluran masuk bensin
X   = Celah pengangkatan katup jarum

Unit pengontrol elektronika
 
Dengan unit pengontrol elektronika diatur  waktu dan volume bahan bakar yang diinjeksikan, berdasarkan informasi dari = pengukur jumlah udara, katup gas, putaran motor dan relai kombinasi
Kesalahan pada unit pengontrol elektronika jarang terjadi untuk memeriksanya ada tester khusus, atau dengan mengetes komponen-komponen diluar unit pengontrol elektronika


Pengaturan injeksi oleh unit pengontrol elektronika
Pengaturan pembukaan katup masuk


Signal pengapian

Signal pengapian waktu dan volume penyemprotan

Upe pengatur waktu dan volume penyemprotan
 
Penyemprotan dilakukan serentak untuk semua silinder dalam satu kali periode setiap 360° poros engkol.
-       Rangkaian lengkap

A.   Relai kombinasi
B.   Pompa bensin listrik
C.   Pengukur temperatur udara masuk
D.   Saklar waktu start dingin
E.   Injektor start dingin

F/G/H/I.  Injektor
J.    Pengukur jumlah udara
K.   Katup pengatur udara tambahan
L.    Sakelar katup gas
M.   Unit pengontrol elektronika




No comments:

Post a Comment

Post Top Ad